MORAL VALUES IN CHARLES DICKENS’ GREAT EXPECTATIONS AND ITS RELATION TO CHARACTER EDUCATION
Main Author: | LESTARI, MUSINDA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/6533/1/JOURNAL_SKRIPSI_S1%20PENDIDIKAN%20BAHASA%20INGGRIS%20.pdf http://eprints.unram.ac.id/6533/ |
Daftar Isi:
- Masalah krisis moral di masyarakat semakin marak tanpa memandang usia. Menyadari kondisi itu, jelas bahwa keberadaan nilai moral sangat penting. Nilai moral adalah seperangkat prinsip yang membimbing manusia dalam menghadapi kehidupan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai moral, konstruksi nilai-nilai moral, dan hubungannya dengan pendidikan karakter dalam novel Great Expectations dari Charles Dickens. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, nilai-nilai moral, konstruksi, dan hubungannya dengan pendidikan karakter ditemukan dengan menggunakan teori afektif. Setelah menganalisis novel Great Expectations dari Charles Dickens, peneliti menemukan ada 19 jenis nilai moral yang diklasifikasikan menjadi tiga hubungan; hubungan manusia dengan dirinya sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain, dan hubungan manusia dengan Tuhan. Selain itu, ditemukan bahwa nilai-nilai moral digambarkan dalam empat bentuk yang berbeda, yaitu kata, frasa, klausa, dan kalimat. Pendidikan karakter terkait dengan nilai-nilai moral dalam novel Great Expectations dari Charles Dickens di mana setiap nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam jenis nilai moral berkontribusi pada pendidikan karakter. Selanjutnya, kegiatan belajar seperti; membaca sebuah cerita yang didasarkan pada nilai-nilai moral dalam novel Great Expectations dari Charles Dickens, menggambarkan pemahaman mereka mengenai cerita, dan menulis ulang cerita lain dengan nilai moral yang sama adalah cara-cara untuk menanamkan karakter yang diharapkan melalui teori afektif.