PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII G SMPN 15 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: MUFADALAH, MUFADALAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/6525/1/BAB%201%20SKRIP.docx
http://eprints.unram.ac.id/6525/2/BAB%202%20SKRIP.docx
http://eprints.unram.ac.id/6525/3/BAB%203%20SKRIP.docx
http://eprints.unram.ac.id/6525/4/BAB%204%2C5%20SKRIP.docx
http://eprints.unram.ac.id/6525/5/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://eprints.unram.ac.id/6525/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai optimum konduktivitas ionik dari elektrolit polimer padat kitosan-ZrO2. Optimasi nilai konduktivitas ionik ditinjau dari pengaruh konsentrasi ZrO2 dan LiClO4 terhadap kristalinitas, kekuatan mekanik, elastisitas dan konduktivitas bahan tersebut. Seluruh sampel pada penelitian ini dibuat menggunakan metode casting larutan. Efek penambahan ZrO2 dan LiClO4 terhadap struktur, kekuatan mekanik dan konduktivitas kitosan masing- masing telah diteliti menggunakan XRD, alat uji tarik, mikroskop optik dan LCR-Meter. Nilai konduktivitas meningkat seiring dengan kenaikan konsentrasi ZrO2 yang ditambahkan dan diperoleh nilai optimum 6,57 x 10-7 S/cm pada konsentrasi 4% b/b ZrO2, masih tergolong rendah karena memiliki orde yang sama dengan kitosan tanpa penambahan ZrO2. Selanjutnya, sampel kitosan-ZrO2 dengan kondisi optimum ditambahkan dengan garam LiClO4, nilai konduktivitas meningkat secara signifikan dan diperoleh konduktivitas optimum sebesar 3,24 x 10-4 S/cm dengan kandungan LiClO4 40% b/b. Sampel dengan konduktivitas optimum menghasilkan bilangan transfer kationik 0,66 yang lebih besar dari standar minimum.