PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS, MENYAJI HASIL ANALISIS, DAN SIKAP SPIRITUAL SISWA KELAS VIII-3 SMP NEGERI 3 MATARAM DALAM PEMBELAJARAN PPKn MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN VCT TIPE PERCONTOHAN
Main Author: | FAOZIAH, FAOZIAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/6513/1/ARTIKEL%20FAOZIAH.pdf http://eprints.unram.ac.id/6513/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis, menyaji hasil analisis, dan sikap spiritual siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 3 Mataram dalam pembelajaran PPKn melalui Penggunaan Model Problem Based Learning dan VCT Tipe Percontohan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang saling berkaitan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, jumlah indikator model Problem Based Learning dan VCT Tipe Percontohan sebagai variabel tindakan yang muncul sebanyak 28 deskriptor. Persentase kemunculan variabel harapan berupa kemampuan menganalisis sebanyak 22 orang (73%), keterampilan menyaji hasil sebanyak 3 kelompok (60%), dan sikap spiritual siswa sebanyak 21 orang (70). Sedangkan pada siklus II, variable tindakan yang muncul sebanyak 35. Seiring dengan meningkatnya variable tindakan, variable harapan meningkat pula. Kemampuan menganalisis menjadi 27 siswa (90%), keterampilan menyaji hasil menjadi 5 kelompok (100%), dan sikap spiritual menjadi 26 siswa (87%). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa penerapan model Problem Based Learning dan VCT Tipe Percontohan dapat meningkatkan kemampuan menganalisis, menyaji hasil analisis, dan sikap spiritual siswa kelas VIII-3SMP Negeri 3 Mataram dalam pembelajaran PPKn.