HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS 2 SANDUBAYA KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: AZMI, NURUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/6503/1/JURNAL%20NURUL%20AZMI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/6503/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN gugus 2 Sandubaya Kecamatan Cakranegara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN gugus 2 Sandubaya Kecamatan Cakranegara yang berjumlah 140 siswa. Sampel penelitian diambil secara acak yang berjumlah 60 orang. Metode pengambilan data menggunakan angket (Kuesioner) sebagai alat pengumpulan data variabel Keterampilan mengajar guru , sedangkan variabel Hasil belajar IPA menggunakan dokumentasi sekolah berupa hasil ulangan harian siswa. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis yaitu Product Moment. Berdasarkan hasil uji hipotesis, nilai yang diperoleh yaitu rhitung = 0,389, yaitu lebih besar dari ttabel = 0,254 dengan N=60 pada taraf signifikan 5%, yang berarti keterampilan mengajar guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar IPA siswa dengan kategori tingkat hubungan yang rendah. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus 2 Sandubaya Kecamatan Cakranegara Tahun Ajaran 2016/2017.