Pengembangan Kemampuan Berbicara melalui Kegiatan Bercerita dengan Boneka Jari pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al-Hikmah Gotong Royong Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: AMANAH, NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/6470/1/JURNAL.doc
http://eprints.unram.ac.id/6470/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan kemampuan berbicara anak yang rendah dan masih kurangnya media/alat peraga yang digunakan di PAUD Al-Hikmah Gotong Royong. Kemampuan berbicara adalah kemampuan anak untuk mengekspresikan pikirannya melalui bunyi atau lisannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode bercerita dengan boneka jari untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Hikmah Gotong Royong tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bercerita dengan boneka jari untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Hikmah Gotong Royong tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, yang dilaksanakan dalam 3 tahap pengembangan. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang anak usia 5 – 6 tahun di PAUD Al-Hikmah Gotong Royong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengembangan I nilai yang diperoleh setelah proses pembeljaran yaitu 56,79%. Sedangkan pada tahap pengembangan II mulai mengalami peningkatan yaitu 74,15% dan pada tahap pengembangan III, juga mengalami peningkatan yaitu 84,74%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Hikmah Gotong Royong tahun pelajaran 2014/2015.