MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA SAKRA TAHUN AJARAN 2014/2015
Main Author: | SRIANINGSIH, SRIANINGSIH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/6466/1/SKRIPSI%20SRIANINGSIH.....%20FIT.pdf http://eprints.unram.ac.id/6466/ |
Daftar Isi:
- Anak adalah manusia kecil yang memiliki potensi yang masih harus dikembangkan.Di antara potensi – potensi tersebut adalah perkembangan kemampuan menyimak. Adapun permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini adalah apa metode bercerita tepat untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok A di TK Darmawanita Sakra. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bercerita yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok A di TK. Darmawanita Sakr. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan dalam 3 tahap proses pengembangan. Setiap pengembangan terdiri dari tapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Metode yang di gunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap I indikator belum tercapai secara keseluruhan, sehingga di peroleh presentase kemampuan menyimak anak ratarata 47%. Setelah melakukan perbaikan pada tahap II bahwa ada 3 orang anak yang mampu menyimak dengan baik, dan mampu melaksanakan sebagaian besar dari indikator yang ada dalam instrumen penelitian. Dari hasil pembelajaran ratarata anak memperoleh presentasi 71% dan dikatakan masih belum maksimal maka dilakukan proses tahap III, dimana tahap ini, hasil yang di capai anak mencapai 84% dimana semua aspek pembelajaran anak meningkat yaitu semua anak mampu menyimak. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok A di TK Darmawanita Sakra tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada pihak sekolah agar selalu memberikan motivasi dan memfasilitasi guru serta anak dalam upaya meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita