PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU MENGGUNAKAN FOUR STEPS TEACHING MATERIAL DEVELOPMENT (4S TMD) PADA PEMBELAJARAN IPA SMP
Main Author: | Wahidiyah, Wahidiyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/6390/1/artikel%201.pdf http://eprints.unram.ac.id/6390/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar IPA terpadu yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2018. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Mataram dan sampel sebayak 64 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan one group pretest posttest design. Instrumen penelitian menggunakan tes keterpahaman, dan angket kelayakan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan, rerata skor tes keterpahaman terhadap bahan ajar diperoleh 88 dengan kategori sangat baik. Sedangkan persentase kelayakan bahan ajar untuk kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan adalah 84,72%, 81,67%, 82,50%, dan 81% secara berurutan. Seluruh aspek kelayakan bahan ajar berkategori sangat baik.