PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, TALK, WRITE (TTW) DAN MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) DI MA AL-AZIZIYAH PUTRI KAPEK GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2017/2018
Main Author: | WIDYASTUTI, WIDYASTUTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/6384/1/ARTIKEL_W%20I%20D%20Y%20A%20S%20T%20U%20T%20I.pdf http://eprints.unram.ac.id/6384/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa Kelas X pada penerapan model pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) den model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) di MA Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X MA Al-Aziziyah Putri Gunungsari. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif sebanyak 25 butir soal pilihaan ganda dan 5 butir soal essay, sedangkan untuk mengukur hasil belajar afektif dan psikomotorik digunakan lembar penilaian afektif dan psikomotorik. Data hasil tes belajar biologi dianalisis menggunakan uji-t separated varians pada taraf kepercayaan 95% dengan bantuan SPSS 17.0 for Windows sehingga diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < α = 0,05. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan model pembelajaran SQ4R di MA Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun Ajaran 2017/2018.