IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN BATUKLIANG LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: IQOMAH, WAHYUNI FAJRIAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/6226/1/BAB%20I-%20BAB%20V.docx
http://eprints.unram.ac.id/6226/
Daftar Isi:
  • Perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Kecamatan Batukliang, belum sepenuhnya berkembang, hal ini kemungkinan disebabkan oleh kurangnya pemahaman guru terhadap indikator perkembangan kognitif yang seharusnya dikembangkan secara menyeluruh. Rumusan masalah yaitu manakah indikator perkembangan kognitif yang belum dan sudah berkembang, dominan berkembang sesuai harapan dan kegiatan pada saat indikator berkembang pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Se-Kecamatan Batukliang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui indikator yang belum dan sudah berkembang, dominan berkembang sesuai harapan dan kegiatan pada saat indikator berkembang pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Se-Kecamatan Batukliang Tahun Pelajaran 2012/2013. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 884 anak yang tersebar di 54 Lembaga. Sampel diambil 10% berdasarkan random, dengan jumlah keseluruhan yaitu 88 anak yang tersebar di 5 Lembaga. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator perkembangan kognitif yang belum berkembang pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Se-Kecamatan Batukliang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah indikator menunjukkan inisiatif dalam memilih kegiatan, indikator meniru pola dan mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya. Dan indikator yang sudah berkembang terdiri dari 12 indikator. Kemudian indikator yang dominan berkembang sesuai harapan adalah indikator mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran, menyebutkan lambang bilangan 1-20, memecahkan masalah, dan mengenal berbagai lambang huruf. Indikator perkembangan kognitif berkembang pada saat kegiatan awal, inti dan istirahat.