Identifikasi Metode Pembelajaran yang diterapkan Guru PAUD Pada Anak Usia 5-6 Tahun se-Kecamatan Selaparang Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Leba, Maria Yuniati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/6219/1/PROPOSAL%20TERBARU-ujian.docx http://eprints.unram.ac.id/6219/ |
Daftar Isi:
- Hal terpenting dalam proses pembelajaran adalah metode pembelajaran yang diterapkan guru PAUD pada anak usia 5-6 tahun se-Kecamatan Selaparang. Karena penerapan metode pembelajaran akan memudahkan guru dalam penyampaian tujuan pembelajaran dalam proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah : metode pembelajaran apa yang diterapkan oleh guru PAUD se-Kecamatan Selaparang?, metode Pembelajaran manakah yang dominan diterapkan oleh guru PAUD se-Kecamatan Selaparang?, metode pembelajaran manakah yang efektif yang diterapkan oleh guru PAUD se-Kecamata Selaparang?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru PAUD se-Kecamatan Selaparang, untuk mengetahui metode apa yang dominan diterapkan oleh PAUD se-Kecamatan Selaparanguntuk mengetahui metode yang efektif yang diterapkan oleh guru PAUD se-Kecamatan Selaparang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh PAUD yang berada di Kecamatan Selaparang yang berjumlah 43 PAUD dengan sampel terdiri dari 6 lembaga PAUD dimana sampel diambil menggunakan teknik porposiv sampling, berdasarkan letak geografisnya . Hasil penelitian metode yang diterapkan guru PAUD pada anak usia 5-6 tahun se-Kecamatan Selaparang yaitu metode bercerita, bercakap-cakap, tanya jawab, bermain, bermain peran, eksperimen, bernyanyi, penugasan dan demonstrasi. Metode yang dominan dan efektif yang diterapkan yaitu metode bercakap-cakap. Berdasarkan penjelasan di atas agar penggunaan metode lebih optimal dan variatif, maka dapat mengkolaborasikan penerapan metode bercakap-cakap dengan metode yang lainnya.