PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Main Author: CHAIRIAH NINGSIH, YAUMUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/6201/1/TESIS.pdf
http://eprints.unram.ac.id/6201/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains. Uji coba produk dilakukan di dua SMA yang ada di Kota Mataram yaitu SMA Negeri 2 Mataram dan SMA Negeri 8 Mataram. Data validasi perangkat pembelajaran di dapat dari empat orang ahli yang mendapatkan hasil bahwa perangkat pembelajaran untuk silabus sebesar 77.08% (layak), RPP 80.51% (sangat layak), LKPD 82.95 % (sangat layak), dan instrumen penilaian 74.43% (layak) , data kepraktisan didapatkan dari penilaian praktisi yang berasal dari guru 91.20% (sangat praktis) dan peserta didik 88.66% (sangat praktis) hasil yang didapatkan adalah sangat praktis untuk digunakan. Efektifitas perangkat pembelajaran berbasis POGIL didapatkan rata-rata peserta didik mencapai nilai 81.98 dengan ketuntasal klasikan 81.43%, jika nilai rata-rata ketuntasan belajar 75% < NR ≤ 100% (sangat efektif)