IDENTIFIKASI PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN SEKARBELA TAHUN AJARAN 2013/2014
Main Author: | HARDIANTI, FARLINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/6183/1/skripsi.docx http://eprints.unram.ac.id/6183/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dimulai dari informasi dan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di sebagian PAUD yang ada di Kecamatan Sekarbela. Pemanfaatan APE untuk mengembangkan bahasa anak yang ada di PAUD Se-Kecamatan Sekarbela masih belum digunakan secara optimal. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : APE apa saja yang digunakan, dominan digunakan, dan efektif digunakan dalam mengembangkan bahasa anak usia 4-5 tahun di PAUD se-Kecamatan Sekarbela tahun ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi APE apa saja yang digunakan, dominan digunakan, dan efektif digunakan dalam mengembangkan bahasa anak usia 4-5 tahun di PAUD se-Kecamatan Sekarbela tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian survey. Metode dan pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20% dari 52 guru di 26 PAUD yang ada di Kecamatan Sekarbela, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 10 guru di 5 PAUD yang ada di Kecamatan Sekarbela. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa APE yang digunakan dalam mengembangkan bahasa anak usia 4-5 tahun sebanyak 29 APE atau dengan persentase 82,9% dari 35 APE yang termasuk kedalam 4 item indikator, dan APE yang dominan digunakan dalam mengembangkan bahasa anak usia 4-5 tahun sebanyak 5 APE atau dengan persentase 14,2% dari 35 APE yang termasuk kedalam 3 item indikator, serta APE yang efektif digunakan dalam mengembangkan bahasa anak usia 4-5 tahun sebanyak 4 APE atau dengan persentase 11,4% dari 35 APE yang termasuk kedalam 2 item indikator. Disarankan kepada guru.