ANALISIS PENGARUH JENIS KELAMIN DALAM PERILAKU BERKENDARA PELAJAR DAN MAHASISWA TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS DI KOTA MATARAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEM (Structural Equation Modelling)

Main Author: SARIWULAN, SARIWULAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/6161/1/ARTIKEL%20ILMIAH%20SARIWULAN.pdf
http://eprints.unram.ac.id/6161/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kota Mataram paling banyak terjadi pada pelajar dan mahasiswa, berdasarkan data Kepolisian Resort Mataram yang mencatat bahwa pada tahun 2016 terjadi 225 kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar dan mahasiswa.Dari jumlah kecelakaan tersebut laki- laki lebih mendominasi kecelakaan lalu lintas daripada wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh gender dalam perilaku berkendara pelajar dan mahasiswa terhadap kecelakaan lalu lintas di Kota Mataaram. Dalam penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM), dengan bantuan program AMOS. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 792 orang, yang terdiri dari 391 pelajar dan 391 mahasiswa. Model dalam penelitian ini terdiri dari 3 variabel yaitu perilaku, pelanggaran dan kecelakaan Perilaku berkendara berpengaruh signifikan terhadap pelanggaran lalu lintas dengan nilai probabilitas (P) = 0.000 (<0.001), dan nilai penujian C.R > 1.64. Besarnya nilai estimasi pada kelompok pelajar menunjukkan pengaruh perilaku terhadap pelanggaran pada pelajar laki-laki 30.08% lebih kuat dibandingkan perempuan. Dan pengaruh perilaku terhadap pelanggaran pada mahasiswi 0.8% lebih kuat dibandingkan mahasiswa. Pelanggaran lalu lintas berpengaruh signifikan terhadap kecelakaan lalu lintas dengan nilai probabilitas 0.000 (<0.01), dan nilai pengujian C.R >1.96. Pelanggaran lalu lintas pada pelajar laki-laki berpengaruh terhadap kecelakaan sebesar 0.992, lebih kuat sebesar 50.1% dibandingkan dengan pelajar perempuan. Dan pengaruh pelanggaran lalu lintas pada mahasiswa terhadap kecelakaan 2.44% lebih kuat dbandingkan mahasiswi. Perbedaan gender berpengaruh signifikan terhadap perilaku berkendara berdasarkan nilai probabilitas (P) = 0.000 (<0.001).