PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V YANG BERLATAR BELAKANG TK DAN NON TK SDN SE-GUGUS 3 SANDUBAYA CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2016-2017

Main Author: Arfani, Puspita Fajarwati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/615/1/SKRIPSI%20FIX.pdf
http://eprints.unram.ac.id/615/
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian komparatif yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar Matematika antara siswa kelas V yang berlatar belakang TK dan non TK di SDN se-gugus 3 Sandubaya Cakranegara. Penelitian ini melibatkan 5 sekolah dasar dengan jumlah total siswa kelas V sekolah dasar sebanyak 305 orang siswa dan total sampel yang digunakan sebanyak 80 orang siswa yang terdiri dari 51 orang siswa berlatar belakang TK dan sebanyak 29 orang siswa berlatar belakang non TK. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumen daftar nilai prestasi belajar semester 1 tahun ajaran 2016-2017 yang diperoleh dari buku rapot siswa. Dari hasil hitung uji-t di diperoleh nilai thitung sebesar 4,44 > ttabel 1,67. Penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan prestasi belajar Matematika siswa kelas V yang berlatar belakang TK dan non TK SDN se-gugus 3 Sandubaya Cakranegara tahun ajaran 2016- 2017. Serta, siswa kelas V yang berlatar belakang TK terbukti memiliki rata-rata nilai prestasi belajar lebih tinggi dibandingkan siswa kelas V yang berlatar belakang non TK di SDN se-gugus 3 Sandubaya Cakranegara tahun ajaran 2016-2017.