PENGARUH IGNITION TIMING DENGAN BAHAN BAKAR LPG TERHADAP UNJUK KERJA MESIN BENSIN EMPAT LANGKAH SATU SILINDER

Main Author: MA’BUD, TOWILAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/6127/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unram.ac.id/6127/
ctrlnum 6127
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/6127/</relation><title>PENGARUH IGNITION TIMING DENGAN BAHAN BAKAR LPG TERHADAP UNJUK KERJA MESIN BENSIN EMPAT LANGKAH SATU SILINDER</title><creator>MA&#x2019;BUD, TOWILAN</creator><subject>T Technology (General)</subject><description>Keterbatasan minyak bumi di Indonesia merupakan permasalahan yang memicu masyarakat untuk mencari bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar minyak. Salah satunya yakni dengan pemanfaatan bahan bakar LPG sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Dan untuk meningkatkan performa dan efisiensi penggunaan bahan bakar LPG pada kendaraan bermotor yaitu salah satunya dengan memvariasikan waktu pengapian.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh waktu pengapian terhadap torsi, daya dan specific fuel consumption effective (SFCe) dengan bahan bakar LPG menggunakan konverter kit pada mesin bensin empat langkah satu silinder Honda Astrea Prima 100 cc. Pada penelitian ini waktu pengapian yang divariasikan yakni 15&#x2DA;, 17&#x2DA;, 19&#x2DA; dan 21&#x2DA; sebelum TMA dan untuk putaran mesin ditetapkan pada putaran 1500 rpm, 2500 rpm, 3500 rpm dan 4500 rpm.&#xD; Dari hasil uji eksperimen yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukan performa mesin yang lebih baik bila waktu pengapian dimajukan lebih awal. Torsi tertinggi pada waktu pengapian 17&#x2DA; sebelum TMA sebesar 0,507 kgf.m pada putaran 4500 rpm, daya efektif tertinggi pada waktu pengapian 17&#x2DA; sebelum TMA sebesar 3,183 PS pada putaran 4500 rpm, dan SFCe terendah pada waktu pengapian 17&#x2DA; sebelum TMA yaitu 0,084 kg/jam.PS pada putaran 4500 rpm.</description><date>2013</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/6127/1/BAB%20I.docx</identifier><identifier> MA&#x2019;BUD, TOWILAN (2013) PENGARUH IGNITION TIMING DENGAN BAHAN BAKAR LPG TERHADAP UNJUK KERJA MESIN BENSIN EMPAT LANGKAH SATU SILINDER. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>6127</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MA’BUD, TOWILAN
title PENGARUH IGNITION TIMING DENGAN BAHAN BAKAR LPG TERHADAP UNJUK KERJA MESIN BENSIN EMPAT LANGKAH SATU SILINDER
publishDate 2013
topic T Technology (General)
url http://eprints.unram.ac.id/6127/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unram.ac.id/6127/
contents Keterbatasan minyak bumi di Indonesia merupakan permasalahan yang memicu masyarakat untuk mencari bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar minyak. Salah satunya yakni dengan pemanfaatan bahan bakar LPG sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Dan untuk meningkatkan performa dan efisiensi penggunaan bahan bakar LPG pada kendaraan bermotor yaitu salah satunya dengan memvariasikan waktu pengapian. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh waktu pengapian terhadap torsi, daya dan specific fuel consumption effective (SFCe) dengan bahan bakar LPG menggunakan konverter kit pada mesin bensin empat langkah satu silinder Honda Astrea Prima 100 cc. Pada penelitian ini waktu pengapian yang divariasikan yakni 15 ̊, 17 ̊, 19 ̊ dan 21 ̊ sebelum TMA dan untuk putaran mesin ditetapkan pada putaran 1500 rpm, 2500 rpm, 3500 rpm dan 4500 rpm. Dari hasil uji eksperimen yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukan performa mesin yang lebih baik bila waktu pengapian dimajukan lebih awal. Torsi tertinggi pada waktu pengapian 17 ̊ sebelum TMA sebesar 0,507 kgf.m pada putaran 4500 rpm, daya efektif tertinggi pada waktu pengapian 17 ̊ sebelum TMA sebesar 3,183 PS pada putaran 4500 rpm, dan SFCe terendah pada waktu pengapian 17 ̊ sebelum TMA yaitu 0,084 kg/jam.PS pada putaran 4500 rpm.
id IOS5428.6127
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-08-02T01:21:44Z
last_indexed 2018-08-02T01:21:44Z
recordtype dc
_version_ 1686351105112408064
score 17.538404