MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA BERKARTU DI TK BERTARAF INTERNASIONAL MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011 SKRIPSI

Main Author: Puspita, Karmila Ratna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/6046/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/6046/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Mengembangkan Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Ular Tangga Berkartu Di Tk Bertaraf Internasional Mataram Tahun Ajaran 2010/2011”. Dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di TK Bertaraf Internasional Mataram. Maka bagaimanakah penerapan permainan ular tangga berkartu dapat mengembangkan kemampuan bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK Bertaraf Internasional Mataram. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengembangkan kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di TK Bertaraf Internasional mataram melalui penerapan permainan ualr tangga berkartu tahun ajaran 2010/2011.Manfaat penelitian tersebut salah satunya adalah mengembangkan kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di TK Bertaraf Internasional Mataram. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif analitik kualitatif. Pelaksanaanya terdiri dari tiga tahap penelitian dan setiap tahap penelitian terdiri atas dua kali pertrmuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan analisis data secara deskriptif kualitatif yang disajikan dalam bentuk tabel dan narasi kemudian ditarik kesimpulan. Berdasrkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun melalui permainan ular tangga berkartu di Tk Bertaraf Internasional Mataram tahun ajaran 2010/2011 mengalami peningkatan, baik dari segi proses maupun hasil. Peningkatan proses ditunjukkan dengan hampir semua indikator telah dilaksanakan oleh semua anak. Faktor yang mempengaruhi kenaikan dari setiap aspek adalah : anak sudah mulai mengerti permainan ular tangga dan anak antusias setiap siklus. Sedangkan peningkatan hasil dapat dilihat dari nilai rata-rata tiap aspek mengalami peningkatan : 1) persentase aktivitas bermain anak 23 % pada tahap pengembangan I menjadi 38,5 % pada tahap pengembangan II menjadi 69,2 % pada tahap pengembangan III; 2) persentase 9 bercerita anak 23 % pada tahap pengembangan I menjadi 38,5 % pada tahap pengembangan II menjadi 69,2 % pada tahap pengembangan III.