PENGARUH REMIDIAL TEACHING BERBANTUAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 2 KEKERI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018 PENGARUH REMIDIAL TEACHING BERBANTUAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 2 KEKERI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018 PENGARUH REMIDIAL TEACHING BERBANTUAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 2 KEKERI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | BAIQ PERMATA YUNITA BAIQ PERMATA YUNITA BAIQ PERMATA YUNITA, BAIQ PERMATA YUNITA BAIQ PERMATA YUNITA BAIQ PERMATA YUNITA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/6026/1/JOURNAL%20SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/6026/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Remidial Teaching berbantuan tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Kekeri Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen tipe Non Equivalen Control Group Disign dengan pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan sampel penelitian siswa kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 23 siswa dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 24 siswa yang dipilih secara random sampling. Keseluruhan dari sampel yang diteliti 47 siswa. tehnik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh karena mengambil keseluruhan populasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar siswa (prettest dan posttes). Analisis data dan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan rumus t-test (polled varians) untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa data posstest rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 82,39 sedangkan pada kelas control yaitu 74,79. Analisis uji-t menggunakan polled varians pada taraf signifikasi 5% hasil belajar diperoleh thitung sebesar 3,04 sedangkan nilai ttabel dengan dk (derajat kebebasan) n1 + n2 – 2 sebesar 2,015. Nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (3,04 > 2,015). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Remidial Teaching Berbantuan Tutor Sebaya terhadap hasil belajar matematika Siswa Kelas IV SDN 2 Kekeri materi lambang bilangan romawi.