HUBUNGAN DUKUNGAN ORANGTUA DALAM BELAJAR ANAK DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GUGUS III KECAMATAN SANDUBAYA TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Author: YUNIAR WULANDARI, YUNIAR WULANDARI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/6003/1/JURNAL.pdf
http://eprints.unram.ac.id/6003/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan orangtua dalam belajar anak dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Sandubaya Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 153 siswa dan diperoleh sampel berjumlah 60 dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah statistik inferensial dengan rumus korelasi product moment. Hasil dari analisis data penelitian dengan df = 60 pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa 0,535 (rhitung) > 0,254 (rtabel). Maka Ho yang diajukan ditolak dan sebaliknya Ha yang diterima.Sumbangan dari masing- masing variable dari dukungan orangtua yakni (dukungan emosional 16,86%), (dukungan instrumental 30,94%), (dukungan informasi 33,90%) dan (dukungan penghargaan 18,30%) terhadap prestasi belajar siswa. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Dukungan Orangtua dengan Prestasi Belajar Siswa kelas IV SDN Gugus III kecamatan Sandubaya dengan kontribusi (sumbangan) dukungan orangtua terhadap Prestasi Belajar sebesar 28,62%.