HUBUNGAN KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD (STUDI KASUS DI GUGUS VII KECAMATAN NARMADA) TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Author: RARA RAMDHANI, RARA RAMDHANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5991/1/JURNAL%20RARA%20RAMDHANI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5991/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kunjungan ke perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa di SDN Gugus VII Kecamatan Narmada Tahun Ajaran 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan metode pendekatan kuantitatif. Populasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah siswa di SDN Gugus VII Kecamatan Narmada Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 656 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (Angket) dan Dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan tehnik analisis product moment. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 orang yang diambil dari tehnik random sampling pada siswa kelas II-VI SDN Gugus VII Kecamatan Narmada. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata kunjungan perpustakaan adalah 75,79, sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar adalah 83,06. Terdapat hubungan posotif dan signifikasi antara kunjungan ke perpustakaan dan prestasi belajar siswa, data dalam penelitian ini berdistribusi normal ditentukan dengan menggunakan taraf signifikasi 5%, dimana hasil uji korelasi antara variabel X dan variabel Y 0,581 Maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan kunjungan ke perpustakaan dengan prestasi belajar siswa SDN Gugus VII Kecamatan Narmada Tahun Pelajaran 2017/2018 sebesar 0,581 (n=90, ts 5%). Kata-kata kunci: