PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI MAN 1 MATARAM
Main Author: | FAUJIAH, FAUJIAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5919/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/5919/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penerapan motode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa pada mata pelajaran PPKn di MAN 1 Mataram. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 siswa pada kelas eksperimen dan 37 siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan rata-rata hasil posttest diperoleh kelas eksperimen ialah 64, 16 dan kelas kontrol 50, 93 untuk kemampuan berpikir kritis sementara keaktifan siswa untuk kelas eksperimen rata-rata nilai yang diperoleh adalah 24, 2432 dan kelas kontrol 16, 2162. Dari hasil uji t hasil diperoleh nilai berpikir kritis yaitu nilai thitung = 5,828 dan nilai ttabel = 1.6662 dengan dk=