KESULITAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PKn BERBASIS KOMPETENSI DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) DESA BATUJAI

Main Author: Hidayatullah, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5909/1/JURNAL.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5909/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan (1) gambaran tentang kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran PKn berbasis kompetensi di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Desa Batujai dan (2) gambaran tentang faktor tejadinya kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran PKn berbasis kompetensi di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Desa Batujai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Temuan dalam penelitian ini yaitu; pertama kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran PKn berbasis kompetensi yakni: (a) kesulitan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meliput: tidak tersusunnya indikator pencapaian kompetensi, rumusan tujuan pembelajaran yang belum lengkap, langkah-langkah pembelajaran yang tidak dispesifikkan, pemilihan metode pembelajaran yang konvensional, dan tidak tersusunnya instrument penilaian (soal, kunci jawaban dan pedoman penskoran) pada aspek afektif dan psikomotorik; (b) kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran meliputi: kegiatan pembelajaran dengan alokasi waktu yang tepat masih kurang optimal, dan masih menggunakan pembelajaran konvensional; dan (c) kesulitan guru dalam penilaian hasil belajar siswa yakni kesulitan dalam menyusun instrument penilaian pada aspek afektif dan psikomotorik. Kedua faktor terjadinya kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran PKn berbasis kompetensi yakni; (a) faktor internal meliputi: motivasi kerja yang tidak stabil, latar belakang pendidikan guru yang tidak sesuai, dan kompetensi guru yang dimiliki belum maksimal; dan (b) faktor eksternal meliputi: kurangnya sumber belajar, rendahnya motivasi belajar siswa, prasarana dan sarana belum memadai, dan guru tidak pernah mengikuti pelatihan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi.