PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERINTEGRASI PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMAN 1 LINGSAR

Main Author: Amini, Aruhil
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5886/1/6.%20jurnal.docx
http://eprints.unram.ac.id/5886/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi, faktor penghambat dan pendukung penguatan pendidikan karakter melalui pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal terintegrasi pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Lingsar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data yaitu tehnik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Tehnik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi penguatan pendidikan karakter melalui pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal terintegrasi pada mata pelajaran PPKn dilakukan dalam perencanaan pembelajaran dengan mencantumkan nilai-nilai multikultural dalam silabus dan RPP, melalui proses pembelajaran dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan terkait penanaman nilai-nilai multikultural berbasis kearifan lokal, rumusan visi dan misi sekolah yang memuat mengenai upaya sekolah dalam mengembangkan karakter siswa, dan juga melalui kegiatan ekstrakurikuler guna memperkuat karakter siswa. 2) Faktor pendukung yaitu minimnya konflik yang terjadi di sekolah, dan tingginya rasa toleransi. Faktor penghambat yaitu masih kurangnya pengintegrasian nilai-nilai multikultural kedalam RPP ataupun silabus yang digunakan guru, metode yang diguanakan guru dalam pembelajaran di kelas cenderung monoton, dan ketersediaan sarana peribadatan masih kurang karena di SMAN 1 Lingsar hanya menyediakan tempat peribadatan bagi yang muslim saja.