PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIC SMPN 2 KEDIRI

Main Author: VONIA, MARGARETA TRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5854/1/JURNAL.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5854/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VIIIC SMPN 2 Kediri dengan menerapkan strategi cooperative learning tipe mind mapping . Adapun subjek penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas VIIIC SMPN 2 Kediri yang bejumlah 36 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan proses tindakan kelas dilaksanakan sebanyak tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Strategi cooperative learning tipe mind mapping dikatakan berhasil apabila indikator keberhasilan mencapai 100%. Pada siklus I pencapaian penerapan strategi ini mencapai 76%, siklus II 86%, dan pada siklus III mencapai 100%. Pencapaian kreatifitas siswa dengan diterapkannya strategi ini pada siklus I 42%, siklus II 58% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83%. Data hasil belajar siswa melalui hasil tes dengan KKM 80 pada siklus I menunjukkan bahwa dari 36 siswa, 59% telah mencapai nilai minimal yang ditetapkan. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 75%, dan pada siklus III 89% siswa telah mencapai nilai minimal yang diinginkan.