KESETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN KELUARGA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi di Desa Sajang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur)
Main Author: | Efendi, Rizal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5850/1/BAB%201%20RIZAL_revisi.rtf http://eprints.unram.ac.id/5850/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesetaraan gender dalam pendidikan keluarga di Desa Sajang Kecamatan Sembalun Lombok Timur, serta menjelaskan kesetaraan gender ditinjau dari Hukum Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan penelitian adalah anggota keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, anak laki-laki dan perempuan yang ditentukan menggunakan purposive sampling, sedangkan untuk menemukan informan menggunakan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data berupa kualitatif deskriptif, dengan tahap-tahap: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesetaraan dan keadilan gender telah diterapakan pada hampir semua keluarga yang dijadikan informan dalam penelitian dengan memberi kebebasan kepada anak secara demokratis. Orangtua mendidik anak secara adil, memperlakukan dan menganggap mereka sama-sama memiliki potensi. Orang tua hanya mengarahkan dan mendorong potensi serta bakat yang dimiliki anak. Penelitian ini juga memberikan ketegasan bahwa prestasi individual baik spiritual maupun dalam bidang karir profesional tidak hanya dimonopoli salah satu jenis kelamin saja; laki-laki dan perempuan memperoleh kesempatan yang sama dalam meraih prestasi yang optimal dalam semua bidang termasuk pendidikan. Sementara itu di desa tersebut menerapkan konsep Islam, sebagaimana termuat dalam Al-qur’an dan Hadist memandang laki-laki dan perempuan mempunyai kualitas kemanusiaan yang sama termasuk di dalamnya kesempatan aktualisasi melalui pendidikan.