PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW) BERPADUAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 1 MATARAM

Main Author: ANDI SETIAWAN, ANDI SETIAWAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5828/1/JURNAL%20ANDI%20SETIAWAN%20%28E1B014005%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5828/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) berpaduan Snowball Throwing terhadap hasil belajar PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Pretest-Posttest. Data hasil belajar PPKn diambil menggunakan soal tes yang sudah memenuhi persyaratan instrument penelitian. Keseluruhan data dianalisis secara kuantitif melalui uji parametrik yang terlebih dahulu diuji persyaratan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) berpaduan Snowball Throwing terhadap hasil belajar PPKn. Dengan mencermati nilai rata-rata yang cukup tinggi, maka metode pembelajaran ini sangat efektif dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.