STUDI ALTERNATIF PENANGANAN SIMPANG TANAH HAJI KOTA MATARAM DITINJAU DARI SEGI EKONOMI JALAN RAYA

Main Author: M. Hilman Humaidi, M. Hilman Humaidi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5786/1/ARTIKEL%20ILMIAH%20Studi%20Alternatif%20Penanganan%20Simpang%20Tanah%20Haji%20Kota%20Mataram%20ditinjau%20dari%20Segi%20Ekonomi%20Jalan%20Raya.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5786/
Daftar Isi:
  • Dalam rangka mengatasi permasalahan lalulintas disimpang tanah haji kota mataram, perlu adanya rekayasa lalulintas yang ekonomis dan memadai. Dalam penelitian ini direncanakan rekayasa lalu lintas dengan berbagai alternatif seperti Simpang tak Sebidang dengan Tunnel, Underpass dan Flyover. Alternatif- alternatif tersebut akan diuji dengan analisis kelayakan dari segi ekonomi dan perkiraan jumlah konflik lalulintas yang terjadi dengan simulasi pergerakan arah–tujuan kendaraan. Dalam menganalisis kelayakan secara ekonomi dari masing-masing alternatif, metode yang dipergunakan adalah metode benefit cost ratio (BCR) dan metode net present value (NPV). Dimana rencana anggaran biaya (RAB) dari masing-masing alternatif diperhitungkan sebagai nilai cost serta nilai penghematan waktu perjalanan dan nilai penghematan biaya operasi kendaraan (BOK) diperhitungkan sebagai nilai benefit. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa alternatif simpang tak sebidang dengan tunnel dan underpass dinyatakan layak secara ekonomi karena menghasilkan BCR > 1 (1,08>1 dan 2,21>1) dan nilai NPV yang positif (Rp36.433.094,53 dan Rp1.280.428.199,83). Sedangkan alternatif flyover dinyatakan tidak layak secara ekonomi karena menghasilkan BCR < 1 (0,38<1) dan nilai NPV yang negatif (-Rp1.353.040.520,70). Untuk hasil simulasi pergerakan arah–tujuan kendaraan menyimpulkan alternatif simpang tak sebidang dengan tunnel dan alternatif flyover menghasilkan 6 konflik pergerakan kendaraan, sedangkan alternatif underpass menghasilkan 8 konflik pergerakan kendaraan.