STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: PRIHATININGSIH, PRIHATININGSIH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5643/1/PRIHATININGSIH%20E1R012039.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5643/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara rata-rata prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada materi fungsi kelas VIII SMP Negeri 1 Lingsar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu atau quasi experiment yang menggunakan desain nonequivalent group dengan dua kelas, yaitu kelas VIII 2 dan kelas VIII 3 yang telah dipilih secara acak. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lingsar, dan sampelnya adalah seluruh siswa dari kelas VIII 2 sebagai kelas TAI yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dan seluruh siswa dari kelas VIII 3 sebagai kelas NHT yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah Independent sample t-test (uji-t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan rata-rata prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Accelerated Instruction (TAI).