PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TARI BAMBU PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPA 4 SMAN 1 LEMBAR TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | HUSNAWATI, ATIK |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5641/1/ATIK%20HUSNAWATI%20E1R112009.pdf http://eprints.unram.ac.id/5641/ |
ctrlnum |
5641 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/5641/</relation><title>PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TARI BAMBU
PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA
VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI
BELAJAR SISWA KELAS X IPA 4 SMAN 1 LEMBAR
TAHUN AJARAN 2016/2017</title><creator>HUSNAWATI, ATIK</creator><subject>QA Mathematics</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar
siswa kelas X IPA 4 SMAN 1 Lembar tahun ajaran 2016/2017 dengan menerapkan model
Cooperative Learning Teknik Tari Bambu pada pembelajaran materi sistem persamaan
linear tiga variabel. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 SMAN 1 Lembar
tahun ajaran 2016/2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus.
Pembelajaran dengan menerapkan model Cooperative Learning Teknik Tari Bambu,
membantu siswa mampu berkomunikasi secara menyeluruh dengan teman-temannya saat
kegiatan pembelajaran. Siswa saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan
pasangan yang berbeda dalam waktu singkat secara teratur. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa dari siklus I
kesiklus II. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 15,64 dengan
kategori cukup baik, dan prestasi belajar siswa sebesar 75,96 dengan ketuntasan belajar
73,03%. Sedangkan, rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus II 18,82 dengan
kategori baik. Untuk prestasi belajar siswa dengan rata-rata 80,92 dan ketuntasan belajar
sebesar 88,46%.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5641/1/ATIK%20HUSNAWATI%20E1R112009.pdf</identifier><identifier> HUSNAWATI, ATIK (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TARI BAMBU PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPA 4 SMAN 1 LEMBAR TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>5641</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
HUSNAWATI, ATIK |
title |
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TARI BAMBU
PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA
VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI
BELAJAR SISWA KELAS X IPA 4 SMAN 1 LEMBAR
TAHUN AJARAN 2016/2017 |
publishDate |
2017 |
topic |
QA Mathematics |
url |
http://eprints.unram.ac.id/5641/1/ATIK%20HUSNAWATI%20E1R112009.pdf http://eprints.unram.ac.id/5641/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar
siswa kelas X IPA 4 SMAN 1 Lembar tahun ajaran 2016/2017 dengan menerapkan model
Cooperative Learning Teknik Tari Bambu pada pembelajaran materi sistem persamaan
linear tiga variabel. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 SMAN 1 Lembar
tahun ajaran 2016/2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus.
Pembelajaran dengan menerapkan model Cooperative Learning Teknik Tari Bambu,
membantu siswa mampu berkomunikasi secara menyeluruh dengan teman-temannya saat
kegiatan pembelajaran. Siswa saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan
pasangan yang berbeda dalam waktu singkat secara teratur. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa dari siklus I
kesiklus II. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 15,64 dengan
kategori cukup baik, dan prestasi belajar siswa sebesar 75,96 dengan ketuntasan belajar
73,03%. Sedangkan, rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus II 18,82 dengan
kategori baik. Untuk prestasi belajar siswa dengan rata-rata 80,92 dan ketuntasan belajar
sebesar 88,46%. |
id |
IOS5428.5641 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2018-08-02T01:21:34Z |
last_indexed |
2018-08-02T01:21:34Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351102842241024 |
score |
17.538404 |