PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TARI BAMBU PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPA 4 SMAN 1 LEMBAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: HUSNAWATI, ATIK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5641/1/ATIK%20HUSNAWATI%20E1R112009.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5641/
ctrlnum 5641
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/5641/</relation><title>PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TARI BAMBU&#xD; PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA&#xD; VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI&#xD; BELAJAR SISWA KELAS X IPA 4 SMAN 1 LEMBAR&#xD; TAHUN AJARAN 2016/2017</title><creator>HUSNAWATI, ATIK</creator><subject>QA Mathematics</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar&#xD; siswa kelas X IPA 4 SMAN 1 Lembar tahun ajaran 2016/2017 dengan menerapkan model&#xD; Cooperative Learning Teknik Tari Bambu pada pembelajaran materi sistem persamaan&#xD; linear tiga variabel. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 SMAN 1 Lembar&#xD; tahun ajaran 2016/2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus.&#xD; Pembelajaran dengan menerapkan model Cooperative Learning Teknik Tari Bambu,&#xD; membantu siswa mampu berkomunikasi secara menyeluruh dengan teman-temannya saat&#xD; kegiatan pembelajaran. Siswa saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan&#xD; pasangan yang berbeda dalam waktu singkat secara teratur. Hasil penelitian menunjukkan&#xD; bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa dari siklus I&#xD; kesiklus II. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 15,64 dengan&#xD; kategori cukup baik, dan prestasi belajar siswa sebesar 75,96 dengan ketuntasan belajar&#xD; 73,03%. Sedangkan, rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus II 18,82 dengan&#xD; kategori baik. Untuk prestasi belajar siswa dengan rata-rata 80,92 dan ketuntasan belajar&#xD; sebesar 88,46%.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5641/1/ATIK%20HUSNAWATI%20E1R112009.pdf</identifier><identifier> HUSNAWATI, ATIK (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TARI BAMBU PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPA 4 SMAN 1 LEMBAR TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>5641</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author HUSNAWATI, ATIK
title PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TARI BAMBU PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPA 4 SMAN 1 LEMBAR TAHUN AJARAN 2016/2017
publishDate 2017
topic QA Mathematics
url http://eprints.unram.ac.id/5641/1/ATIK%20HUSNAWATI%20E1R112009.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5641/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X IPA 4 SMAN 1 Lembar tahun ajaran 2016/2017 dengan menerapkan model Cooperative Learning Teknik Tari Bambu pada pembelajaran materi sistem persamaan linear tiga variabel. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 SMAN 1 Lembar tahun ajaran 2016/2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus. Pembelajaran dengan menerapkan model Cooperative Learning Teknik Tari Bambu, membantu siswa mampu berkomunikasi secara menyeluruh dengan teman-temannya saat kegiatan pembelajaran. Siswa saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dalam waktu singkat secara teratur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa dari siklus I kesiklus II. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 15,64 dengan kategori cukup baik, dan prestasi belajar siswa sebesar 75,96 dengan ketuntasan belajar 73,03%. Sedangkan, rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus II 18,82 dengan kategori baik. Untuk prestasi belajar siswa dengan rata-rata 80,92 dan ketuntasan belajar sebesar 88,46%.
id IOS5428.5641
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-08-02T01:21:34Z
last_indexed 2018-08-02T01:21:34Z
recordtype dc
_version_ 1686351102842241024
score 17.538404