PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | AMELIA, PUJI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5611/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/5611/ |
ctrlnum |
5611 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/5611/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA MATERI
STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI
BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 KEDIRI
TAHUN AJARAN 2016/2017</title><creator>AMELIA, PUJI</creator><subject>QA Mathematics</subject><description>Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa terutama pada
pokok bahasan statistika, serta kurangnya aktivitas belajar siswa. Hal ini disebabkan
karena pada proses pembelajaran lebih bersifat terpusat hanya pada guru. Guru tidak
melibatkan siswa secara penuh dalam pembelajaran. Siswa hanya mendengar dan
mencatat apa yang disampaikan guru. Hal ini akan mengakibatkan pembelajaran
matematika membosankan dan tidak menyenangkan. Sehingga aktivitas siswa dalam
pembelajaran pun rendah. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik maka
diperlukan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam proses
pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar
siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan
prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kediri pada pokok bahasan
statistika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated
Instruction (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan
dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari lima tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan skor aktivitas belajar
siswa siklus I 13,51 dengan kategori tinggi dan siklus II 17,16 dengan kategori sangat
tinggi. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut – turut 68,18%
dan 86,96%. Ketuntasan klasikal siswa dari siklus satu ke sikluas dua meningkat, hal
ini disebabkan karena siswa aktif berbagi informasi dan pemahaman dalam diskusi
kelompok sehingga materi yang dipelajari dapat dipahami dengan baik. Dari hasil
keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada materi statistika dapat
meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1
Kediri tahun ajaran 2016/2017.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5611/1/SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> AMELIA, PUJI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>5611</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
AMELIA, PUJI |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA MATERI
STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI
BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 KEDIRI
TAHUN AJARAN 2016/2017 |
publishDate |
2017 |
topic |
QA Mathematics |
url |
http://eprints.unram.ac.id/5611/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/5611/ |
contents |
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa terutama pada
pokok bahasan statistika, serta kurangnya aktivitas belajar siswa. Hal ini disebabkan
karena pada proses pembelajaran lebih bersifat terpusat hanya pada guru. Guru tidak
melibatkan siswa secara penuh dalam pembelajaran. Siswa hanya mendengar dan
mencatat apa yang disampaikan guru. Hal ini akan mengakibatkan pembelajaran
matematika membosankan dan tidak menyenangkan. Sehingga aktivitas siswa dalam
pembelajaran pun rendah. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik maka
diperlukan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam proses
pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar
siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan
prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kediri pada pokok bahasan
statistika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated
Instruction (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan
dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari lima tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan skor aktivitas belajar
siswa siklus I 13,51 dengan kategori tinggi dan siklus II 17,16 dengan kategori sangat
tinggi. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut – turut 68,18%
dan 86,96%. Ketuntasan klasikal siswa dari siklus satu ke sikluas dua meningkat, hal
ini disebabkan karena siswa aktif berbagi informasi dan pemahaman dalam diskusi
kelompok sehingga materi yang dipelajari dapat dipahami dengan baik. Dari hasil
keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada materi statistika dapat
meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1
Kediri tahun ajaran 2016/2017. |
id |
IOS5428.5611 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2018-08-02T01:21:32Z |
last_indexed |
2018-08-02T01:21:32Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351102757306368 |
score |
17.538404 |