PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: AMELIA, PUJI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5611/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5611/
ctrlnum 5611
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/5611/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE&#xD; TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA MATERI&#xD; STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI&#xD; BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 KEDIRI&#xD; TAHUN AJARAN 2016/2017</title><creator>AMELIA, PUJI</creator><subject>QA Mathematics</subject><description>Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa terutama pada&#xD; pokok bahasan statistika, serta kurangnya aktivitas belajar siswa. Hal ini disebabkan&#xD; karena pada proses pembelajaran lebih bersifat terpusat hanya pada guru. Guru tidak&#xD; melibatkan siswa secara penuh dalam pembelajaran. Siswa hanya mendengar dan&#xD; mencatat apa yang disampaikan guru. Hal ini akan mengakibatkan pembelajaran&#xD; matematika membosankan dan tidak menyenangkan. Sehingga aktivitas siswa dalam&#xD; pembelajaran pun rendah. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik maka&#xD; diperlukan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam proses&#xD; pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar&#xD; siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan&#xD; prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kediri pada pokok bahasan&#xD; statistika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated&#xD; Instruction (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan&#xD; dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari lima tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,&#xD; observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan skor aktivitas belajar&#xD; siswa siklus I 13,51 dengan kategori tinggi dan siklus II 17,16 dengan kategori sangat&#xD; tinggi. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut &#x2013; turut 68,18%&#xD; dan 86,96%. Ketuntasan klasikal siswa dari siklus satu ke sikluas dua meningkat, hal&#xD; ini disebabkan karena siswa aktif berbagi informasi dan pemahaman dalam diskusi&#xD; kelompok sehingga materi yang dipelajari dapat dipahami dengan baik. Dari hasil&#xD; keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran&#xD; kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada materi statistika dapat&#xD; meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1&#xD; Kediri tahun ajaran 2016/2017.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5611/1/SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> AMELIA, PUJI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>5611</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author AMELIA, PUJI
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
publishDate 2017
topic QA Mathematics
url http://eprints.unram.ac.id/5611/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5611/
contents Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa terutama pada pokok bahasan statistika, serta kurangnya aktivitas belajar siswa. Hal ini disebabkan karena pada proses pembelajaran lebih bersifat terpusat hanya pada guru. Guru tidak melibatkan siswa secara penuh dalam pembelajaran. Siswa hanya mendengar dan mencatat apa yang disampaikan guru. Hal ini akan mengakibatkan pembelajaran matematika membosankan dan tidak menyenangkan. Sehingga aktivitas siswa dalam pembelajaran pun rendah. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik maka diperlukan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kediri pada pokok bahasan statistika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari lima tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan skor aktivitas belajar siswa siklus I 13,51 dengan kategori tinggi dan siklus II 17,16 dengan kategori sangat tinggi. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut – turut 68,18% dan 86,96%. Ketuntasan klasikal siswa dari siklus satu ke sikluas dua meningkat, hal ini disebabkan karena siswa aktif berbagi informasi dan pemahaman dalam diskusi kelompok sehingga materi yang dipelajari dapat dipahami dengan baik. Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada materi statistika dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2016/2017.
id IOS5428.5611
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-08-02T01:21:32Z
last_indexed 2018-08-02T01:21:32Z
recordtype dc
_version_ 1686351102757306368
score 17.538404