PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CORE (CONNECT, ORGANIZE, REFLECT, EXTEND) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 6 MATARAM

Main Author: JAYANTI, DESI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5589/1/JURNAL.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5589/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe CORE (Connect, Organize, Reflect, Extend) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 6 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan nonequivalen control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test bentuk pilihan ganda sebanyak 30 item untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik. Data hasil kemampuan berpikir krtis peserta didik diambil menggunakan test pilihan ganda yang sudah memenuhi persyaratan instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (3,306) > (1,960) pada taraf signifikan 5%, artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran cooperative learning Tipe CORE (connect, organize, reflect, extend) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 6 Mataram.