PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SISTEM KOORDINAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 2 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: HIDAYANTO, NUR ROCHMAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5584/1/SKRIPSI%20NUR%20ROCHMAD%20HIDAYANTO_E1R%20112%20053.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5584/
Daftar Isi:
  • ujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model problem based learning pada pembelajaran sistem koordinat di kelas VIII 5 SMP Negeri 2 Lingsar tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pelaksanaan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari tiap pertemuan tiap siklus. Skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 adalah 23,5 dan 27,15 dengan kategori masing-masing aktif dan sangat aktif. Kemudian skor aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 dan 2 adalah 28 dan 30,15 dengan kategori sangat aktif. Untuk rata-rata nilai kelas yang merupakan prestasi belajar pada penelitian ini, hasilnya pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 79,97 dan 81,11 dengan urutan ketuntasan klasikal 63,89% dan 86,11% yang telah memenuhi indikator keberhasilan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem based learning yang diterapkan pada pembelajaran sistem koordinat dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII 5 SMPN 2 Lingsar tahun pelajaran 2016/2017.