PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII A SMPN 1 GERUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | EPTIANI, ERLINA EKA S |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5583/1/SKRIPSI%20ERLINA%20EKA%20SEPTIANI_E1R%20010%20016.pdf http://eprints.unram.ac.id/5583/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model problem based learning pada pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII A tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pelaksanaan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari tiap pertemuan tiap siklus. Skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 adalah 13 dan 15 dengan kategori cukup aktif dan aktif. Kemudian skor aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 dan 2 adalah 17 dan 18 dengan kategori sangat aktif. Untuk rata-rata nilai kelas yang merupakan prestasi belajar pada penelitian ini, hasilnya pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 77,84 dan 89,09 dengan urutan ketuntasan klasikal 74,19% dan 88,57%. Dengan memperhatikan keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning yang diterapkan pada pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMPN 1 Gerung tahun pelajaran 2015/2016.