PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII.C SMPN 1 KEDIRI PADA PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI MODEL DISCOVERY BERBASIS LKS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: KRISTANTI, YUNDA AYU
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5535/1/JURNAL%20PENDAHULUAN-DAFTAR%20ISI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5535/2/JURNAL%20COVER-ABSTRAK.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5535/
Daftar Isi:
  • C SMPN 1 Kediri tahun pelajaran 2015/2016 pada pembelajaran materi bangun ruang sisi datar dengan menerapkan model discovery berbasis LKS. Penggunaan model pembelajaran discovery akan membuat siswa belajar aktif dan dapat mengasah pengetahuannya sendiri dengan cara menemukan, melalui kegiatan penemuan ini sehingga apa yang ditemukan oleh siswa menjadi bermakna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, implementasi, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Rata-rata skor aktivitas siswa siklus I adalah 12,50 dengan kategori tinggi dan siklus II adalah 16,34 dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan ketuntasan klasikal siklus I dan II masing-masing adalah 83,33% dan 87,50%. Dengan melihat keseluruhan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery berbasis LKS dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII.C SMPN 1 Kediri pada pembelajaran materi bangun ruang sisi datar melalui model discovery berbasis LKS tahunpelajran 2015/2016.