PENGARUH PERHATIAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015
Main Author: | YUDHATAMA, I DEWA GEDE |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5530/1/FILE%20PDF%20SKRIPSI%20%28E1R010005%29%20I%20DEWA%20GEDE%20YUDHATAMA.pdf http://eprints.unram.ac.id/5530/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua, tingkat pendidikan formal orang tua, serta perhatian dan tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMPN 7 Mataram tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 7 Mataram tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 561 orang siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sebanyak 91 orang siswa. Data penelitian diperoleh dengan memberi angket kepada siswa dan orang tua siswa, serta dokumentasi dari sekolah berupa nilai ulangan akhir semester genap mata pelajaran matematika. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhatian orang tua memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika, tingkat pendidikan formal orang tua memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika, serta perhatian dan tingkat pendidikan formal orang tua memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMPN 7 Mataram tahun ajaran 2014/2015.