PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS (TGT) BERMEDIA CD INTERAKTIFUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-E SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: WIDYACANTIARI, NM. ASRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5529/1/jurnal%20santy.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5529/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi awal aktivitas belajar kelas VIII SMP Negeri 12 Mataram tahun pelajaran 2012/2013 siswa masih rendah. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang diterapkan masih terpusat pada guru dan lemahnya interaksi yang berlangsung di kelas sehingga siswa menjadi kurang aktif dan prestasi belajar rendah. Oleh karena itu, solusi berupa penerapan model dan media pembelajaran yang mampu mengatasi masalah dengan menggunakan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT bermedia CD interaktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments (TGT) dapat Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 12 Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT bermedia CD interaktif pada siswa kelas VIII-E SMP Negeri 12 Mataram tahun pelajaran 2012/2013. Sedangkan, materi yang diteliti adalah kubus dan balok di kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan indikator keberhasilan adalah kriteria aktivitas belajar minimal berkategori aktif dan prestasi belajar matematika siswa meningkat setiap siklusnya, serta mencapai ketuntasan maksimal 85%. Terjadi peningkatan skor aktivitas belajar siswa dari siklus I dengan kategori cukup aktif ke siklus II dengan kategori sangat aktif. Sedangkan prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata nilai62,72 dengan ketuntasan 55,17 % dan pada siklus II rata-rata nilai 93,55 dengan ketuntasan 96,77 %. Kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran kooperatif tipe TGT bermedia CD interaktif keterlaksanaan yang optimal. Berdasarkan dari pencapaian indikator keberhasilan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe TGT bermedia CD interaktif dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII-E SMP Negeri 12 Mataram tahun pelajaran 2012/2013.