PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII.7 SMP NEGERI 1 TANJUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Author: | WIJAYANTI, KADEK ARIE |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5520/1/bab%20I%2C%20II%2C%20dan%20III.docx http://eprints.unram.ac.id/5520/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil Ulangan Tengah Semester I kelas VII di SMP Negeri 1 Tanjung, terlihat bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas VII.7 masih rendah. Selain itu, aktivitas siswa dalam pembelajaran juga masih rendah disebabkan pendekatan pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, dimana guru menjadi pusat dalam pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru harus mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang membuat siswa menjadi lebih aktif dan membawa siswa agar dapat mengeskplorasi pengetahuan yang mereka miliki sehingga prestasi belajar siswa meningkat, yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Open-Ended. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan alokasi waktu 13 x 40 menit. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari tiap siklus dengan skor aktivitas masing-masing 19.50, 22.84, dan 23.33 dengan kategori sangat aktif, sangat aktif, dan sangat aktif. Sedangkan prestasi belajar siswa tiap siklus masing-masing 65.94, 82.56, dan 84.52 dengan persentase ketuntasan masing-masing 70,59%, 85,29%, dan 90,32%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Open-Ended dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi persegi panjang dan persegi di kelas VII.7 SMP Negeri 1 Tanjung.