PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKSELERASI PADA SUB MATERI POKOK SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 1 KURIPAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: ANDINI, SRI AYU
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5519/1/11%20Bab%20I.docx
http://eprints.unram.ac.id/5519/
ctrlnum 5519
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/5519/</relation><title>PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKSELERASI PADA SUB MATERI POKOK SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA &#xD; KELAS VII-C SMP NEGERI 1 KURIPAN &#xD; TAHUN PELAJARAN 2012/2013</title><creator>ANDINI, SRI AYU</creator><subject>QA Mathematics</subject><description>Pembelajaran matematika di kelas VII-C SMP Negeri 1 Kuripan masih menggunakan pendekatan pembelajaran tradisional, yang mengutamakan penyajian fakta, melalui hafalan dan ingatan dan kurangnya soal latihan yang diberikan guru kepada siswa menyebabkan kurangnya kesempatan yang diberikan kepada siswa untuk berdiskusi dalam menemukan sendiri suatu konsep atau memecahkan masalah sehingga siswa menjadi pasif dan kurang mendalami konsep dari suatu materi dalam pelajaran matematika. Akibatnya, hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada sub materi segiempat yang dibatasi pada bangun belah ketupat dan layang-layang.&#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus Setiap siklus terdiri dari 4 fase yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi, dimana indikator yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu aktivitas belajar matematika siswa mengalami peningkatan rata-rata skor dibandingkan siklus sebelumnya dan minimal berkategori aktif serta ketuntasan belajar siswa secara klasikal minimal sebesar 85% pada setiap siklus setelah diterapkan pendekatan pembelajaran akselerasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari tiap siklus dengan skor aktivitas masing-masing 6,75; 8,62 dan 10,75 dengan kategori cukup aktif, aktif, dan sangat aktif. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa tiap siklus masing-masing 62,9; 72,38 dan 84,71 dengan persentase ketuntasan klasikal masing-masing 27,59%, 69,23% dan 85,71%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran akselerasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada sub materi pokok segiempat di kelas VII-C SMP Negeri 1 Kuripan Tahun Pelajaran 2012/2013.</description><date>2013</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/5519/1/11%20Bab%20I.docx</identifier><identifier> ANDINI, SRI AYU (2013) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKSELERASI PADA SUB MATERI POKOK SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 1 KURIPAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>5519</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ANDINI, SRI AYU
title PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKSELERASI PADA SUB MATERI POKOK SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 1 KURIPAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
publishDate 2013
topic QA Mathematics
url http://eprints.unram.ac.id/5519/1/11%20Bab%20I.docx
http://eprints.unram.ac.id/5519/
contents Pembelajaran matematika di kelas VII-C SMP Negeri 1 Kuripan masih menggunakan pendekatan pembelajaran tradisional, yang mengutamakan penyajian fakta, melalui hafalan dan ingatan dan kurangnya soal latihan yang diberikan guru kepada siswa menyebabkan kurangnya kesempatan yang diberikan kepada siswa untuk berdiskusi dalam menemukan sendiri suatu konsep atau memecahkan masalah sehingga siswa menjadi pasif dan kurang mendalami konsep dari suatu materi dalam pelajaran matematika. Akibatnya, hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada sub materi segiempat yang dibatasi pada bangun belah ketupat dan layang-layang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus Setiap siklus terdiri dari 4 fase yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi, dimana indikator yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu aktivitas belajar matematika siswa mengalami peningkatan rata-rata skor dibandingkan siklus sebelumnya dan minimal berkategori aktif serta ketuntasan belajar siswa secara klasikal minimal sebesar 85% pada setiap siklus setelah diterapkan pendekatan pembelajaran akselerasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari tiap siklus dengan skor aktivitas masing-masing 6,75; 8,62 dan 10,75 dengan kategori cukup aktif, aktif, dan sangat aktif. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa tiap siklus masing-masing 62,9; 72,38 dan 84,71 dengan persentase ketuntasan klasikal masing-masing 27,59%, 69,23% dan 85,71%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran akselerasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada sub materi pokok segiempat di kelas VII-C SMP Negeri 1 Kuripan Tahun Pelajaran 2012/2013.
id IOS5428.5519
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-08-02T01:21:29Z
last_indexed 2018-08-02T01:21:29Z
recordtype dc
_version_ 1686351102209949696
score 17.538404