PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI FAKTORISASI BENTUK ALJABAR DI KELAS VIIIC SEMESTER I SMPN 19 MATARAM TAHUN AJARAN 2008/2009

Main Author: SAHAINI, SAHAINI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5504/1/BAB%20I.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5504/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran matematika di SMPN 19 Mataram Tahun Ajaran 2007/2008 lebih banyak dengan ceramah, sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Oleh karena itu perlu diupayakan penerapan metode pembelajaran yang memberikan keleluasaan kepada siswa untuk siswa aktif dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini menerapkan metode diskusi kelompok bervariasi. Metode diskusi kelompok bervariasi yang dimaksud disini adalah metode diskusi kelompok yang beranggota 4 - 5 orang yang divariasikan menjadi diskusi kelompok yang beranggota 2 - 3 orang dengan tetap memperhatikan keberagaman kemampuan belajar siswa di dalam kelompok tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi faktorisasi bentuk aljabar di kelas VIIIC semester I SMPN 19 Mataram Tahun Ajaran 2008/2009 dengan menerapkan metode diskusi kelompok bervariasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIIIC semester I SMPN 19 Mataram Tahun Ajaran 2008/2009 yang berjumlah 37 orang. Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah skor rata - rata aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus sebelumnya dan minimal berkategori aktif, dan skor rata – rata hasil tes belajar siswa meningkat dari siklus sebelumnya dan minimal mencapai 60,00. Hasil penelitian menunjukkan skor rata - rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 16,76 dengan kategori aktif dan skor aktivitas belajar siswa pada siklus II dan III sebesar 20,39 dan 20,66 dengan kategori sangat aktif. Skor rata - rata hasil tes belajar siswa mencapai 45,22 pada siklus I, 53,43 pada siklus II dan 68,53 pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok bervariasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi faktorisasi bentuk aljabar di kelas VIIIC semester I SMPN 19 Mataram Tahun Ajaran 2008/2009.