PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELASVIII-TN3 SMP NEGERI 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2008/2009 MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING PADA MATERI LINGKARAN
Main Author: | ARIANTI, DESI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5494/1/02%20BAB%20I-V.doc http://eprints.unram.ac.id/5494/ |
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa dikelas VIII-TN3 SMP Negeri 5 Mataram kurang memuaskan. Hal ini disebabkan karena aktivitas belajar matematika siswa pasif, motivasi belajar siswa kurang dan dalam proses belajar-mengajar dikelas, gurulah yang menjadi pusat pembelajaran sedangkan siswa hanya mendengar, mencatat dan menerima begitu saja materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar yang diperoleh belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII-TN3 SMP Negeri 5 Mataram melalui penerapan metode belajar diskusi dengan teknik brainstorming. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini berlangsung tiga siklus dan setiap siklus terdiri atas lima tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi dan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus. Rata-rata nilai prestasi belajar siswa untuk siklus I, siklus II, dan siklus III berturut-turut yaitu 64,20; 68,92 dan 74,00. Sedangkan skor rata-rata aktivitas siswa siklus I, siklus II dan siklus III adalah 11,91 dengan kriteria aktivitas cukup, 13,56 dengan kriteria aktivitas baik dan 15,99 dengan kriteria aktivitas sangat baik. Dengan memperhatikan hasil serta indikator kerja yang tercapai, maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa penerapan metode diskusi dengan teknik brainstorming dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-TN3 SMP Negeri 5 Mataram tahun pelajaran 2008/2009.