UPAYA PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK TATA NAMA SENYAWA KIMIA DENGAN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA BERKARTU PADA SISWA KELAS X SMAN 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2009/2010
Main Author: | HARTINA, SRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5439/1/SKRIPSI%20ULANG.doc http://eprints.unram.ac.id/5439/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian mengetahui apakah ada peningkatan prestasi belajar siswa pada materi pokok tata nama senyawa kimia dengan permainan permainan ular tangga berkartu pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Narmada. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 1 Narmada. Sampel penelitian adalah kelas XD dan XF yang diambil dengan menggunakan metode acak sederhana. Data prestasi belajar diambil melalui tes akhir. Pengaruh pemberian perlakuan terhadap prestasi belajar kimia siswa dapat diketahui dengan membandingkan hasil tes kedua kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukan pada kelas eksperimen nilai tertinggi sebesar 90 dan nilai terendah sebesar 63,33 dan nilai rata-rata 81,267, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai tertinggi sebesar 93,33, nilai terendah 53,33 dan nilai rata-rata sebesar 75,367. berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan ujit-t secara statistik diperoleh thitung (8,343) lebih besar dari pada ttabel (1,671). Pada taraf signifikan 5% sehingga Ha pada penelitian ini diterima yang artinya penerapan model pembelajaran kooperatif melalui permainan ular tangga berkartu berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Narmada Tahun Ajaran 2009/2010”