PELAKSANAAN PERALIHAN KEWENANGAN DI BIDANG PENDIDIKAN SMA SMK SETELAH BERLAKUNYA UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH (STUDI DI PROVINSI NTB)
Main Author: | DEVI ELTHIA YURINE, DEVI ELTHIA YURINE |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5392/1/JURNAL%20YURIN.pdf http://eprints.unram.ac.id/5392/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaturan peralihan kewenangan di bidang pendidikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 serta bagaimanakah proses peralihan urusan dalam bidang pendidikan dan serta apa kendala dan solusi dalam pengaturan peralihan kewenangan di bidang pendidikan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris. Hasil penelitian dalam pengaturan peralihan kewenangan di bidang pendidikan ialah pada khususnya terdapat pengaturan-pengaturan yang menjadi dasar hukum pelaksaanaan peralihan kewenangan dari Kabupaten/kota ke Daerah Provinsi yang nantinya bisa di kelola seluruhnya oleh kebijakan yang berwenang sesuai dengan Undang-Undang yang mengatur. Proses pelaksanaan peralihan kewenangan di bidang pendidikan memiliki 4 tahapan yaitu, tahapan persiapan inventarisasi, tahapan pelaksanaan penyerahan, tahapan pengelolaan dan tahapan evaluasi.