KOMPARASI PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK REAKSI REDOKS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS X MA YUSUF ABDUSSATAR KEDIRI TAHUN AJARAN 2009/2010
Main Author: | MARLIDIN, MARLIDIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5388/1/02_BAB%20I.doc http://eprints.unram.ac.id/5388/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada materi pokok reaksi redoks kelas X MA Yusuf Abdussatar Kediri Tahun Ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dimana dua kelas sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Data berupa prestasi belajar siswa diambil melalui tes. Analisis data yang digunakan adalah uji-F (uji homogenitas) dan uji-t (uji beda). Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa kelas eksperimen Learning Cycle dengan rata-rata 69,05 lebih tinggi dibandingkan prestasi belajar siswa kelas eksperimen STAD dengan rata-rata 60,29. Secara statistik uji-t diperoleh thitung (2,09) lebih besar dari pada ttabel (2,0195) pada taraf signifikan 5 % sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima, yaitu terdapat perbedaan antara prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division pada materi pokok reaksi redoks kelas X MA Yusuf Abdussatar Kediri Tahun Ajaran 2009/2010