IDENTIFIKASI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH KIMIA DASAR I PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS MATARAM ANGKATAN TAHUN 2008

Main Author: WIDIANA, YULIAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5340/1/9.%20isi%20Bab%201_6.doc
http://eprints.unram.ac.id/5340/
Daftar Isi:
  • Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun, menurut hasil penelitian terbaru di bidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional mahasiswa dan mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Kimia Dasar I pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram angkatan tahun 2008. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang menggambarkan hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Kimia Dasar I. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram angkatan 2008 dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh anggota populasi yang berjumlah 26 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu teknik dokumentasi dan angket. Instrument penelitian berupa angket kecerdasan emosional yang bersifat tertutup yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linier sederhana, dengan persamaan regresi yang diperoleh Y = 40,25 + 0,498 X. Dari analisis data diperoleh hasil yang menunjukkan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram angkatan 2008 masuk pada kategori sedang dan tingkat prestasi belajar Kimia Dasar I secara umum termasuk dalam kategori tinggi. Dari uji korelasi diperoleh nilai r hitung 0,790 > r tabel yaitu 0,388 yang menunjukkan ada hubungan yang signifikan dan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Kimia Dasar I mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram Angkatan 2008. Kekuatan pengaruh (determinasi) kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Kimia Dasar I sebesar 62,41%.