HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS MATARAM ANGKATAN TAHUN 2007/2008

Main Author: HAYATI, BQ. MIFTA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5334/1/BAB%20I.doc
http://eprints.unram.ac.id/5334/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram Angkatan Tahun 2007/2008. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Angkatan 2007/2008 dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh anggota populasi yang berjumlah 31 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian berupa angket gaya belajar yang bersifat tertutup yang sudah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, dengan persamaan regresi yang dibentuk Ý= 1,93 + 0,02 X, dimana persamaan garis regresinya adalah linier. Ini diketahui dengan uji F, didapatkan Fhitung < Ftabel yaitu 0,66 < 2,48 pada taraf signifikan alpha 5%. Dari uji korelasi diperoleh hasil yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan prestasi belajar sebesar 0,42. Dari hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,49 > 1,699 yang berarti bahwa hipotesis Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram Angkatan Tahun 2007/2008