PENGARUH PENERAPAN MEDIA ULAR TANGGA BERKARTU TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK STRUKTUR ATOM PADA SISWA KELAS X DI SMAN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010
Main Author: | MIZRIATY, ALFINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5331/1/BAB%20I.doc http://eprints.unram.ac.id/5331/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian eksperimen ini adalah untuk : (1). Mengetahui pengaruh penerapan media ular tangga berkartu terhadap hasil belajar kimia materi pokok struktur atom pada siswa kelas X di SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2009/2010, (2). Mengatahui hasil belajar siswa pada kelompok kelas tinggi yang diajarkan dengan menggunakan media ular tangga berkartu dan hasil belajar siswa pada kelompok kelas tinggi yang tidak diajarkan dengan menggunakan media ular tangga berkartu materi pokok struktur atom pada siswa kelas X di SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2009/2010, (3). Mengetahui hasil belajar siswa pada kelompok kelas rendah yang diajarkan dengam menggunakan media ular tangga berkartu dan hasil belajar siswa pada kelompok kelas rendah yang tidak diajarkan dengan menggunakan media ular tangga berkartu materi pokok struktur atom pada siswa kelas X di SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2009/2010, (4). Mengetahui apakah ada interaksi antara penerapan media ular tangga berkartu dengan hasil belajar pada materi pokok struktur atom pada siswa kelas X di SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2009/2010. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2009/2010, sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas X-G dan siswa kelas X-J. Adapun cara pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 x 2 sehingga dibutuhkan analysis of varian two tail (anova dua jalan) sebagai alat uji hipotesis. Setelah dilakukan pengujian diperoleh hasil sebagai berikut : (1). Media ular tangga berkartu berpengaruh terhadap hasil belajar kimia materi pokok struktur atom pada siswa kelas X di SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2009/2010, (2). Hasil belajar siswa pada kelompok kelas tinggi yang diajarkan dengan menggunakan media ular tangga berkartu lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelompok kelas tinggi yang tidak diajarkan dengan menggunakan media ular tangga berkartu materi pokok struktur atom pada siswa kelas X di SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2009/2010, (3). Hasil belajar siswa pada kelompok kelas rendah yang diajarkan dengan menggunakan media ular tangga berkartu lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelompok kelas rendah yang tidak diajarkan dengan menggunakan media ular tangga berkartu materi pokok struktur atom pada siswa kelas X di SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2009/2010, (4). Tidak ada interaksi antara penerapan media ular tangga berkartu dengan hasil belajar pada materi pokok struktur atom pada siswa kelas X di SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2009/2010.