PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK IKATAN KIMIA ANTARA HASIL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: FAHMI, BAIQ WARDATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5320/1/BAB%20I-BAB%20VI%20%26%20DF.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5320/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan prestasi belajar kimia materi pokok ikatan kimia antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dengan Think Pair Share pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Mataram Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel sebanyak dua kelas yang diperoleh dengan teknik Nonprobability Sampling yang menggunakan sampling purposive yakni kelas X9 sebagai kelas penerapan TPS dan kelas X11 sebagai kelas penerapan NHT. Data berupa prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes (pilihan ganda). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t (uji beda). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh harga thitung (0,0125) lebih kecil daripada ttabel (2,00) pada taraf signifikan 5%. Data ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar kimia materi pokok ikatan kimia antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dengan Think Pair Share. Hal ini terlihat pada nilai rata-rata siswa yang sama yaitu 66,3 dan ketuntasan klasikal yang tidak berbeda jauh yaitu 55,65% untuk kelas Numbered Head Together (NHT) dan 60% untuk kelas Think Pair Share (TPS).