PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH YUSUF ABDUSSATAR KEDIRI

Main Author: NATAKUSUMA, M. ISA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5306/1/BAB%20I.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5306/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar kimia pada materi pokok hidrokarbon dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan dua kelas sampel diperoleh dengan teknik simple random sampling, yakni Xa sebagai kelas kontrol dan Xb sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini, perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen berupa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional (ceramah). Data berupa prestasi belajar siswa diambil melalui tes. Pengaruh pemberian perlakuan terhadap prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan membandingkan hasil tes kedua kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi sebesar 83,33, nilai terendah sebesar 44,44 dan nilai rata-rata 60,38 dengan ketuntasan klasikal sebesar 47,82%, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai tertinggi sebesar 83,33, nilai terendah 38,89, nilai rata-rata 54,67 dan ketuntasan klasikal sebesar 28%. Secara statistik uji-t diperoleh thitung (1,810) lebih besar daripada ttabel (1,678) pada taraf signifikan 5% sehingga Ha pada penelitian ini diterima yang artinya penggunaan model pembelajaran kooperatif Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar kimia pa materi pokok hidrokarbon pada siswa kelas X semester II MA Yusuf Adussatar Kediri tahun ajaran 2009/2010.