PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SHORT MESSAGE GUIDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK IKATAN KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL SMAN 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: MUBARAK, SYARIFATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5288/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unram.ac.id/5288/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media short message guided terhadap pembelajaran kimia pada pokok bahasan ikatan kimia terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Mataram dan sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas X7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol, yang ditentukan dengan simple random sampling. Perangkat yang dikembangkan adalah media short message guided. Pendekatan menggunakan pre-test dan post-test. Pre-test digunakan untuk mengetahui homogenitas sampel sedangkan post-test digunakan untuk memperoleh data prestasi belajar. Data pre-test yang diperoleh kemudian diuji dengan uji F, diperoleh Fhitung 1,006 < Ftabel 1,68, berarti varians homogen. Data dari nilai rata-rata post-tes untuk kelas eksperimen sebesar 57,975 dan untuk kelas kontrol sebesar 51,944. Kemudian data prestasi diujikan dengan uji t polled varians, diperoleh thitung 2,025 > ttabel 1,666 pada taraf signifikansi 5%, berarti Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Melalui media short message guided, siswa terbantu untuk memahami materi saat belajar di luar jam sekolah. Selain itu, media ini mampu memberikan semangat untuk berkompetisi serta meningkatkan prestasi siswa. Kesimpulannya bahwa penerapan media short message guided berpengaruh lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan ikatan kimia pada siswa kelas X semester ganjil SMA Negeri 3 Mataram tahun ajaran 2012/2013.