PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING MENGGUNAKAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMAN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Author: NINGTHIAS, DYAH PUSPITASARI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5267/1/skripsi.docx
http://eprints.unram.ac.id/5267/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Quantum Learning menggunakan LKS terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid kelas XI IPA SMAN 2 Mataram tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain pretest- posttest-non-equivalent control group. Populasi terdiri atas 6 kelas XI IPA yakni, kelas XI IPA 1 - Kelas XI IPA 6. Sampel sebanyak dua kelas (sebanyak 75 orang siswa) ditentukan dengan cara tidak random, yakni kelas XI IPA 2 sebanyak 37 orang siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 5 sebanyak 38 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil uji pretest diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 28,38 dan kelas eksperimen sebesar 28,03 menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas XI IPA 2 dan kelas XI IPA 5. Hasil uji post-test diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 50,82 dan kelas eksperimen sebesar 46,42. Data tersebut dianalisis menggunakan uji Anakova dengan menggunakan data pre-test sebagai kovariat. Hasil perhitungan diperoleh Fhitung (1,74) < Ftabel (3,9) pada taraf signifikan 5%, menunjukkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak; artinya model quantum learning menggunakan LKS tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid. Hal tersebut disebabkan oleh siswa tidak mampu berperan aktif dan belajar secara mandiri dalam menemukan konsep yang dipelajari.