PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS METAKOGNISI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MIA MAN 2 MODEL MATARAM

Main Author: SARNIATI, SARNIATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5263/1/Skripsi_Sarniati_E1M012057_Pendidikan_Kimia.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5263/
Daftar Isi:
  • Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning menggunakan lembar kerja siswa berbasis metakognisi terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X MIA MAN 2 Model Mataram. Materi yang diajarkan pada penelitian ini adalah materi reaksi redoks dan tata nama senyawa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain non-equivalaent control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 2 Model Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 208 siswa yang terbagi menjadi lima kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar berupa test pilihan ganda beralasan. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 54,29 dan kelas kontrol 50,4. Data hasil belajar siswa dikonversi menggunakan uji Rasch sehingga diperoleh rata-rata nilai logit kelas eksperimen sebesar -0,53 dan kelas kontrol sebesar -0,86. Teknik analisis data menggunakan uji anakova untuk uji hipotesis. Hasil uji hipotesis Fhitung (2,85) < Ftabel (3,96) maka H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning menggunakan lembar kerja siswa berbasis metakognisi tidak berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X MIA MAN 2 Model Mataram.